Don’t judge a book by its cover Part 01

djabbic#2
“Don’t judge a book by its cover”, suatu statement yang mungkin sudah sering anda baca..
Suatu statement yang mengingatkan kita agar tidak menilai seseorang dari luarnya saja..
Dan lagi, aku terjatuh di lubang yang sama…

Aku mempunyai seorang kakak kelas.
Dia memiliki wajah yang -jika seseorang pertama kali melihatnya mungkin akan berfikir dia adalah orang yang- alim. Dia jarang berbicara dan lebih sering tersenyum. Di mataku, dia adalah seorang yang sering beribadah. Oleh karenanya, aku menjudge bahwa dia memiliki masa lalu yang cukup baik hingga akhirnya sampai seperti ini.

Tapi aku lupa bahwasanya…
“Don’t judge a book by its cover.”
Ya, aku melupakan statement itu. Aku menilainya dari luar tanpa mengetahui apapun tentang masa lalunya. Dan akhirnya, kebenaran pastilah akan terungkap.

Hari ini dia bercerita tentang masa lalunya.
Masa lalu yang mungkin dapat dikatakan sebagai “masa lalu yang kelam”. Masa lalu yang sama sekali tak pernah terpikirkan olehku. Aku salah, ternyata selama ini dia memiliki masa lalu yang seperti “itu”. Tapi dibalik kisah masa lalu yang kelam itu, aku dapat mengetahui dua hal.

Hal pertama adalah :

Dia dapat berubah.
Dia merubah dirinya dari masa lalunya yang kelam, menjadi seseorang yang berbeda di masa kini. Dia telah meninggalkan hal-hal buruk yang dilakukannya di masa lalu, dan mencoba untuk melakukan hal-hal yang lebih baik.

Itulah sesuatu yang aku sukai dari dirinya. Dia dapat merubah dirinya. Aku pun ingin merubah diriku sendiri. Tapi, masih terasa sulit, berat, dan tentunya, masih banyak godaan.

Dan oleh karena itu, hari ini aku memutuskan untuk mengaguminya shulololololo~

Hal kedua adalah :

Aku terjatuh pada lubang yang sama.
Aku seringkali menilai seseorang dari luarnya, dan meskipun telah membaca statement “Don’t judge a book by its cover”, aku masih saja melakukannya. Mungkin ini kebiasaan yang buruk –Tidak, ini memang kebiasaan yang buruk. Aku akan mencoba untuk meninggalkan kebiasaan burukku ini. Dan hanya untuk mengingatkan kembali, untuk semuanya dan terutama untuk diriku pribadi.

“Jangan pernah menilai seseorang dari luarnya.”

Leave a Reply

